Jumat, 20 Mei 2016

Sekelumit Materi jelajah hati

Pernah merasakan rasanya hidup ini begitu melelahkan? Pernah merasakan ujian terasa begitu berat dan datangnya terus menerus? Pernah merasakan kalau hidup orang lain terlihat begitu bahagia dan selalu diberi kemudahan? Kalau jawabannya pernah berarti ads yang salah hatimu. Ada yg perlu diperbaiki dari ibadahmu, dari hubunganmu dengan Allah. Jika sendiri belum bisa menyembuhkan cobalah datangi orang-orang sole atau datangi kajian2 ukhrawi. Satu hal yang perlu disyukuri saat kamu merasakan hal2 tersebut dan kamu merasa ada yang perlu diperbaiki dari kamunya dan kamu segera mendekat dengan Allah berarti hatimu masih baik-baik saja.

Aku akan berbagi materi sedikit yang ku dapat dari kajian abi kemarin, enath mengapa kajian abi hampir selalu membuatku kembali ya kembali di jalan yang lurus. Dan sesi doa di penghujungnya membuat tubuh ini bergetar, air mata mengalir deras. Pintaku saat itu semoga aku selalu ingat nasehat2 abi.

Kunci dari sampainya kita ke tujuan kita adalah tunduk dan pasrah kpd Allah. Dan muara dari hidup kita ini adalah kematian maka jangan sekali2 kita mati kecuali sebagai orang Islam. Tunduk dan pasrah kepada Allah biasa disebut dengan Istislam.

Istislam adalah keadaan hidup seorang muslim yang membuat apapun yang ia lalukan hanya antara dirinya dengan Allah. Misalkan kita melakukan kebaikan untuk orang lain maka kita melakukan itu semata-mata hanya tentang kita dan Allah.

Istislam membuat apapun yang kita amalkan sampai ke hati, naik ke langit dan turun kembali ke bumi dalam wujud Barakatul Hayati. Kita akan merasakan nikmatnya amal ketika sampai ke hati, baru akan naik ke langit. Dalam Quran Surat Al A'raf ayat 96
وَلَوْ اَنَّ اَهْلَ الْقُرٰٓى اٰمَنُوْا وَاتَّقَوْا لَـفَتَحْنَا عَلَيْهِمْ بَرَكٰتٍ  مِّنَ السَّمَآءِ وَالْاَرْضِ وَلٰـكِنْ كَذَّبُوْا فَاَخَذْنٰهُمْ بِمَا  كَانُوْا يَكْسِبُوْنَ
Dan sekiranya penduduk negeri beriman dan bertakwa, pasti Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi ternyata mereka mendustakan (ayat-ayat Kami), maka Kami siksa mereka sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan.
[QS. Al-A'raf: Ayat 96]

Dalam ayat tsb disebutkan bahwa jika penduduk sebuah negeri beriman dan bertaqwa maka ia akan mendapatkan keberkahan ukhrawi dan duniawi.

Berkah ukhrawi adalah mengalirnya kemudahan untuk menunaikan amal-amal ukhrawi, Allah juga akan membukakan barokah duniawi yaitu terbukanya pintu-pintu kemudahan dalam urusan dunia.

Itulah Janji Allah. pasti akan dibukakan barokah ukhrawi dan duniawi bagi mereka yanh istislam.

Lalu bagaimana agar amal itu sampai ke hati? Maka diperlukan rasa ta'dhim.
Bagaimana agar amal sampai ke langit? Dibutuhkan yaqin
Dan agar amal sampai kembali lagi ke bumi maka dibutuhkan ridho.

Tiga hal tersebut adalah tangga menuju istislam.