Rabu, 25 Mei 2016

Mbah Jiman

Kemarin saat sedang menaiki motor di sepanjang selokan mataram di pogung aku melihat sosok yang tak asing. Beliau adalah Mbah Jiman, seorang laki-laki yang sungguh membuat aku kagum. Beliau adalah orang yang suka bersih-bersih di mushola teknik, lebih tepatnya mustek meski tampilannya bukan mushola tapi masjid. Beliau masih saja sehat, dan seperti biasa beliau masih istiqomah berjalan kaki dari rumah ke mustek dan tumbenan kemarin lewat pogung. Ah mungkin kalau aku laki2 aku akan memboncengkannya. Mbah Jiman, anggota KMT (Keluarga Muslim Teknik) dari 1 sampai sekarang KMT berapa in syaa Allah mengenal beliau. Beliau sungguh istiqomah merawat mustek. Usianya sudah tak lagi muda tentunya. Panggilannya saja "mbah", tapi beliau masih sama saat pertama kali aku melihatnya sampai sekarang beliau masih sama. Ingat beberapa tahun yang lalu saat aku menjadi panitia ppsmb mahasiswa baru fak teknik dan kebagian untuk mengurus bagian ibadah untuk para muslah maba nya dan saat itu aku hanya berdua dengan temanku. Ya sok-sokan nya aku, dari mulai persiapan sampai beres2 kami lakukan berdua. Dan ternyata ngepel mustek lantai 2 aja itu sudah sangat melelahkan. Masya Allah mbah jiman yang setiap hari bersih2. Ah jadi inget kenapa tidak melakukan sesuatu untuk beliau, bisa manfaatin crowfunding kan atau mungkin saja sudah ada funding sendiri buat beliau dan aku yang gak ngerti. Dari beliau aku belajar, tentang kesederhanaan, tentang istoqomah dan tentang rasa syukur.

Harusnya kamu malu Tia... Apa yang telah kamu lakukan untuk agama ini? Untuk orang banyak? Janganlah hanya sekedar mmikirkan duniamu saja.

Intermezo.
Tiba2 inget ferdi atau siapa lah namanya. Pengamen kecil yang sering ngamen di sekitaran kantor di Slawi dulu, dia dan teman2nya. Belum sempat melakukan apa2 untuk anak2 itu aku sudah terbawa emosi untuk pergi. Masih terbayang 2 orang anak kecil yang kehujanan tanpa sandal dan berteduh di alfamart depan kantor. Mereka tersenyum hanya sekedar bisa berteduh dan merasakan hangatnya lantai alfamart. Tiba2 kenapa aku jadi rindu Tegal ya, padahal aku kira aku tak akan pernah merindukannya. Karena mungkin ada bagian2 yang belum selesai aku kerjakan disana.

Bersyukur Tia, tetaplah bersyukur apapun keadaanmy sekarang. Maka nikmat Allah mana kah yang kau dustakan?