Sabtu, 23 April 2016

Random lagi

Aku mulai mengenal "ngaji" saat kelas X. Saat itu ibarat tersesat di jalan yang benar. Awalnya agak-agak males aplagi kalau isinya udah sindir sindiran gitu, secara masih abg labil. Tak disangka aku masih bertahan sampe sekarang. Berbagai macam kelompok aku temui dari yang jaman SMA yang kelompoknya seangkata sesekolahan beda kelas doang. Lanjut kuliah mulai beragam meski masih dalam satu universitas namun masih satu angkatan. Lulus kuliah masih di daerah kampus jadi kelompoknya masih se universitas tapi udah mulai beda angkatan. Bertahap belajar akan perbedaan. Lalu pergi ke daerah yang jauh dari kampus dan ini yang membuat belajar banget. Awalnya sama ibu-ibu muda dan akhirnya pindah sama ibu-ibu iya cuma aku yang masih sendiri tapi jujur aku belajar banyak kemarin. Secara lingkungan kerja yang duniawi dan hedonis banget pas masuk kelompok ngaji jadi belajar memasyarakat, belajar untuk tidak terlalu melihat ke atas. Jujur aku suka kelompok yang seperti ini, penuh kesederhanaan, ramah dan mengayomi banget. Meski ibu-ibu si, wah kangen juga ya sama beliau2. Trus pindah lagi ke lingkungan ustadzah sdit, it's so different. Merasa beda bangeet. Beda banget lah meski sama ibu2 tapi bedaaaa banget. Oke belajar lagi dan akhirnya aku pindah lagi di daerah kampus tapi bukan masuk kelompok kampus. Ada yang single, ada yang pengantin baru, ada yang ibu2 muda tapi yang jelas ini ngotani banget, modern gitu. Intinya meski ibu2 muda juga tapi situasi dan keadaannya beda kaya pas sebelum2nya. Mungkin ini pembelajaran yang dikasih sama Allah untukku belajar terus belajar. Belajar untuk tidak pilih2. Intinya mah mencari lingkungan baik dan belajar dari banyak orang. Dan yang jelas aku patri dalam hatiku adalah tentang bersyukur akan kehidupan sendiri yang Allah kasih,  belajar qanaah. Yup. QANAAH. Semangat karena Allah.

0 komentar: