Selasa, 19 Maret 2013

Sekelumit cerita di pagi hari



Kita sedang diingatkan,, saat bertubi-tubi bencana melanda negri ini, saat tangisan sering terdengar menyayat hati, saat seseorang harus kehilangan anggota keluarga, melihat sosok yang telah terbujur kaku, apakah kita tidak sadar bahwa Allah sedang mengingatkan kita, mengingatkan bahwa sesungguhnya kita hanyalah makhluk kecil yang lemah. Tinggal di sebuah kota yang sering ada gempa, dan sekarang gunung merapi sedang bergejolak. Teringat sebuah kota kecil dimana aku dilahirkan, disana selama aku lahir sampai terakhir aku meninggalkannya aku merasa tenang meski kadang terasa ada sedikit getaran namun, itu jauh. Sekarang, pagi ini aku menyaksikan betapa kebesaran Allah, abu yang asalnya jauh di gunung merapi, dampaknya sampai di daerah kosanki, pagi tadi sekitar jam 3 aku merasa bahwa ada sesuatu, diluar sudah penuh dengan abu, bau yang menyengat pun tercium, bau belerang,, hal yang aneh dan jarang tapi inilah peringatan Allah, betapa mudah Dia menjadikan sesuatu. Tak terbayangkan mereka yang benar-benar berada di lereng merapi, merasakan hawa panas yangbersal dari awan panas, orang yang meninggal terpanggang panas, tak terasa aku sedekat itu dengan bencana, namun, apa yang bisa kulakukan, hanya berdoa, bermuhasabah dan memberi yang bisa, aku tak bisa kesana, aku ingin membantu terjun kesana, namun, apa daya yang bisa kulakukan hanya menulis di kosan. Dan disaat bencana ini melanda saudara-saudaraku, aku masih sibuk dengan belajar, memikirkan ujian dan nilai, egoiskah aku?
Aku mencoba memegang serpihan abu yang menempel di sepedaku, begitu halus, namun jika tertumpuk banyak itu akan memberikan dampak, melihat semua yang ada diluar penuh bertumpuk abu,, bagaimana untuk membersihkan ini semua, aku berharap Allah akan memberikan hujan, untuk membersihkan semua, Karena, kami hanya nmanusia lemah yang tak bisa membersihkan semua abu ini. Padahal aku mau nyuci,, he… aku pun belum keluar jauh, hanya melihat di luar kos, dan yang paling laku saat ini adalah masker,, aku sendiri gak punya. Semoga ini memberikan berkah dan manfaat bagi kita semua.
 
                                                                                                Yogyakarta, 30 Oktober 2010
                                                                                                                        07.40 wib

0 komentar: